kesempatan dalam kesempitan, bbri … 070411

Citibank, Bank Besar Penghasil Bankir Tangguh
Citigroup mengalami kerugian besar selama krisis keuangan global 2008.
KAMIS, 7 APRIL 2011, 05:45 WIB Nur Farida Ahniar

VIVAnews- Citibank tiba-tiba menjadi sorotan akhir-akhir ini. Belum selesai kasus pembobolan bank dilakukan Melinda Dee, publik dibuat terkejut dengan kasus tewasnya nasabah Citibank Irzen Octa

Citibank yang tergabung dalam Citigroup merupakan bank terkemuka dunia yang berpusat di New York Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan hasil merger raksasa perbankan dan keuangan. Citigroup memiliki jaringan keuangan terbesar di dunia jasa keuangan, mencakup 140 negara dengan 16.000 kantor cabang di seluruh dunia. Perusahaan ini memperkerjakan sekitar 260.000 staf di seluruh dunia dan memegang lebih dari 200 juta rekening nasabah.

Citigroup mengalami kerugian besar selama krisis keuangan global 2008 dan dibailout besar-besaran pemerintah Amerika pada November 2008. Hal ini membuat Amerika menjadi pemegang saham terbesar, selain dari dana Timur Tengah dan Singapura.

Lalu bagaimana dengan Citibank Indonesia?

Citibank Indonesia sendiri telah lama hadir di sejak 42 tahun lalu. Aset bank ini terbesar diantara bank asing lainnya. Bahkan ia sempat masuk peringkat 10 besar bank terbesar dari sisi aset. Meski pertumbuhan asetnya terus meningkat, namun pertumbuhannya kalah cepat dibanding dengan bank lainnya.

Data statistik Bank Indonesia menunjukkan pada Desember 2006 dan 2007, Citibank menempati peringkat sembilan, dengan total aset Rp38,169 triliun (2.25 persen dari total aset) dan Rp45,02 triliun (2,27 persen). Sedangkan pada 2008 peringkat Citibank melorot di posisi 10 dengan total aset Rp53,5 triliun. Namun pada tahun 2009 hingga sekarang Citibank terlempar keluar 10 besar bank dengan aset terbesar.

Dari sisi kinerja keuangan, berdasarkan laporan keuangan publikasi bulanan ke Bank Indonesia, aset Citibank per Desember 2010 (belum diaudit) sebesar Rp55,69 triliun, pendapatan bunga bersih Rp3,173 triliun, laba bersih Rp2,2 triliun.

Citibank mempunyai banyak layanan keuangan mulai dari perbankan, layanan investasi, kartu kredit, pinjaman hingga asuransi. Hingga September 2010, Citi Indonesia memiliki 22 kantor cabang, 71 pusat peminjaman yang tersebar di berbagai kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang.

Citi juga sering mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya dinobatkan Bank Terbaik di Indonesia dalam penghargaan Triple A country Awards 2010 yang diselenggarakan majalah The Asset. Penghargaan ini dimenangkan selama sembilan kali secara berturut-turut. Selain di Indonesia, Citi juga dinobatkan sebagai bank terbaik di Filipina, Singapura dan Thailand.

Bagi bankir, Citibank bisa disebut sebagai kawah candra dimuka yang menghasilkan jebolan bankir hebat. Citi pun dikenal tempat untuk menempa para bankir, karena lulusannya banyak bekerja di berbagai perusahaan. Beberapa jebolan Citi seperti adalah Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar, Mantan Direktur Bank Mandiri dan Pertamina Omar S Anwar, Direktur Utama BTPN Jerry Ng, Direktur Utama Bank Danamon Henry Ho, Direktur BNI Yap Tjay Soen dan Ekonom Senior Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan.

Kebesaran nama Citibank kini tengah diuji. Beberapa anggota Komisi XI bahkan mengembalikan kartu kredit Citibank karena kecewa terhadap manajemen Citibank. Saat ini Citibank tengah bekerja keras untuk meraih kembali kepercayaan masyarakat.
• VIVAnews
Citibank Dilarang Tambah Nasabah Citigold
Rabu, 6 April 2011 | 16:17

investor daily
JAKARTA – Bank Indonesia melarang Citibank menghimpun nasabah baru layanan Citigold, menyusul pembobolan dana nasabah senilai Rp 17 miliar yang dilakukan senior manager bank itu, Malinda Dee.

“Kami telah menyampaikan surat pembinaan kepada bank, yang meminta bank untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan sebaik-baiknya tanpa merugikan nasabah, melakukan langkah-langkah perbaikan untuk internal control dan sementara waktu menghentikan penghimpunan nasabah Citigold,” kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dalam raker di Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu.

Hadir juga dalam raker itu pimpinan wilayah Citibank di Indonesia Shariq Mukhtar dan Kapolres Jakarta Selatan Gatot Edy. Raker ini merupakan lanjutan raker yang dilakukan Selasa (5/4) malam.

Menurut Darmin, penghentian sementara penghimpunan nasabah Citigold dilakukan sementara waktu saja sampai selesainya penyelidikan yang dilakukan pihak Kepolisian.

“Nasabah masih bisa melakukan transaksi tetapi dia tidak boleh menambah nasabah sementara saja,” katanya.

Mengenai masa waktu penghentian sementara pengumpulan nasabah Citigold, Darmin mengatakan tergantung selesainya pemeriksaan yang dilakukan Kepolisian.

“Tergantung nanti. Kalau hasil pemeriksaan bisa lebih berat lagi, kita bisa menambahnya (sanksi),” katanya.

Darmin mengatakan, kasus pembobolan dana ini dipicu oleh tidak diterapkannya internal control sebagaimana mestinya, tercermin antara lain dari tidak adanya supervisi atasan, tidak diimplementasikan proses rotasi karyawan, dual kontrol tidak dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan tidak terdapat proses konfirmasi kepada nasabah.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah mengatakan penghentian penghimpunan nasabah Citigold dilakukan sejak 16 Maret 2011 atau dua hari sejak bank itu melaporkan telah terjadi pembobolan dana.

“Tanggal 14 Maret setelah mereka lapor ada fraud, pada 16 Maret kami minta mereka stop kegiatan tersebut sampai diketahui permasalahan dan sejauh mana permasalahannya,” katanya.

Kepada Citibank, lanjut Halim BI sudah memionta agar dilakukan perbaikan internal kontrol, menyempurnakan prosedur operasional standar, dan kemungkinan memberikan sanksi menghapus produk primary banking, sanksi fit and proper, dan sanksi sebagai bank. (tk/ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s