bb(umn)ri minta apa seh … 050411

Minta Dividen Dikurangi, Menkeu Sindir Bank BUMN
Selasa, 5 April 2011 – 08:23 wib
Martin Bagya Kertiyasa – Okezone

JAKARTA – Pemerintah menghimbau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meningkatkan kualitas profesional kerjanya sebelum meminta penurunan dividen untuk pemerintah.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyayangkan ada Bank BUMN yang meminta keringanan dividen, namun tidak mampu menunjukan kinerjanya yang positif. “Justru kalau perusahaan publik harus menciptakan nilai, membuat market cap-nya meningkat kemudian mendukung membayar pajaknya yang baik dan membayar dividen yang tinggi,” tegasnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, (4/4/2011).

Seperti diketahui, Beberapa waktu lalu beberapa bank-bank milik negara mengajukan pemotongan dividen 10-15 persen untuk melakukan ekspansi ataupun pengembangan perusahaan.

Dia juga mengakiu tentu akan memberikan tambahan modal untuk ekspansi dan pengembangan perusahaan khususnya BUMN yang strategis, namun itu semua harus dibayar dengan restrukturisasi operasional dahulu.

“Kita tentu akan cadangkan tetapi dengan syarat kesiapan sumber daya manusianya dan bisnis plan serta melakukan restukturisasi operasional dahulu, baru kami berikan,” ujarnya.

Agus menambahkan, jika memang pengurangan dividen tersebut dilaksanakan namun tidak didukung sumber daya yang profesional baik dan restukturisasi opersional dahulu maka dana yang dikeluarkan akan terbuang dengan percuma.

“Jadi kita mengharapkan supaya direksi dan jajaran manajernya membuat business plan yang bagus, kemudian membuat restukturisasi profesional, baru kemudian didukung permodalan,” tambahnya.(wdi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s