102,2M dolar, tukh, pana$ … 170311

Cadangan Devisa Capai US$ 102,02 Miliar
Rabu, 16 Maret 2011 | 14:02
investor daily
JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan hingga 10 Maret 2011 cadangan devisa telah mencapai US$ 102,02 miliar, sejalan dengan terus membaiknya perekonomian Indonesia.

“Saya optimistis perbaikan ekonomi akan berlanjut, dan pertumbuhan ekonomi akan semakin terbuka karena selangkah lagi kita sudah mencapai investment grade,” kata Darmin saat pembukaan Rakornas Tim Pengelola Inflasi Daerah (TPID) II di Jakarta, Rabu.

Namun, menurut Darmin, meski ekonomi akan bertumbuh, tekanan inflasi terutama yang berasal dari kenaikan harga barang pangan akan semakin berat, sehingga perlu penanganan secara intensif.

“Tekanan inflasi dari gangguan pangan cukup tinggi, dan jika tidak ditangani dapat memengaruhi kenaikan harga komoditas dalam kelompok inflasi langsung atau tidak langsung,” ujar Darmin dalam acara yang dihadiri Wapres Boediono itu.

Menurut dia, karena tekanan inflasi lebih banyak dipengaruhi gangguan pasokan makanan, penanganannya tidak bisa hanya melalui kebijakan moneter dan memerlukan kebijakan menyeluruh dari pihak-pihak terkait.

Untuk itu, Darmin mengharapkan kerja TPID ke depan bukan saja tukar menukar informasi tetapi mencari jalan keluar sisi pasokan pangan yaitu produksi, distribusi, struktur pasar dan aturan tata niaga.

“Bangun komunikasi untuk mengembangkan jejaring sesama TPID karena penting untuk jejaring respon untuk mempercepat pengendalian dan penurunan harga,” ucapnya, menegaskan.

Darmin meminta rakornas TPID ini bisa mendorong Pemda untuk punya rencana aksi menghadapi ancaman kenaikan harga pangan dengan melakukan ekstensifikasi, dan intensifikasi produksi pangan menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem.

Pemda juga harus meningkatkan koordinasi lintas kelembagaan untuk mendukung efektifitas memperkuat hubungan kelembagaan dalam menangani persoalan harga barang pangan, dan menetapkan strategi jangka menengah panjang dalam memperbaiki organisasi, struktur pasar dan tata niaga. (gor/ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s