rupiaaa(85??)aaH … 110311

Bank Indonesia (BI) menilai, risiko capital inflow pada tahun ini akan lebih besar daripada tahun 2010. Kenaikan harga minyak dan persepsi pasar terhadap inflasi Indonesia menjadi perhatian pemilik dana.

Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, emerging market Asia masih memiliki daya tarik bagi para investor tahun ini. Kendati negara-negara maju telah melakukan kenaikan suku bunga.

“Tapi dari sisi fundamental Asia lebih menarik. Oleh karenanya capital inflow ke Asia masih akan besar,” ungkapnya di Bali, kemarin.

Ia melanjutkan, tekanan inflasi yang datang dari naiknya harga minyak dunia serta kenaikan harga-harga barang komoditas terhadap ekonomi global juga tidak banyak memberikan pengaruh pada capital inflow ke Asia.

“Jadi kesimpulannya memang tekanan inflasi dari harga minyak dan komoditas akan buat negara maju naikkan suku bunga, tapi itu tidak banyak pengaruhi capital inflow ke emerging market, dan Asia jadi region yang menarik,” paparnya.

Berdasar data Institute of International Finance (IIF), ia menyatakan, capital inflow ke emerging market Asia diprediksi mencapai sekitar US$400 miliar pada tahun ini, dengan sekitar US$13-15 miliar ke Indonesia.

Namun demikian, ia menilai, risiko capital inflow pada tahun ini akan lebih besar dibanding tahun lalu terutama sehubungan dengan pe

Sumber : INILAH.COM

Investor berbondong-bondong membeli dolar Amerika Serikat pada Kamis waktu setempat, karena Spanyol menerima penurunan peringkat, kekerasan melonjak di Libya dan Arab Saudi, dan China melaporkan defisit perdagangan yang langka.

Turbulensi global mengirim investor menumpuk ke mata uang `safe haven` (tempat berlindung yang aman), mengirimnya (dolar) lebih tinggi terhadap euro, yen, franc Swiss dan pound.

“Dolar menemukan penangguhan hukuman terhadap euro, diperdagangan ke posisi terendah mingguan baru, setelah Moody`s menurunkan peringkat utang Spanyol,” kata analis PNC.

Mata uang tunggal Eropa turun menjadi 1,3794 dolar dari 1,3906 dolar di New York pada akhir Rabu.

“Penurunan peringkat Yunani minggu ini dan sekarang Spanyol telah memperbaharui kekhawatiran utang di pasar mata uang yang telah mendorong ke samping sejak akhir tahun lalu,” kata analis PNC.

Berita dari benua lain tidak sedikit untuk mengurangi sentimen.

China mengatakan telah kembali ke defisit perdagangan pada Februari untuk pertama kalinya dalam waktu hampir satu tahun, karena ekonomi nomor dua di dunia itu mencoba untuk melepas dirinya sendiri dari ketergantungan pada ekspor.

Para pejabat Amerika mengatakan momentum dalam konflik Libya telah bergeser ke pendukung dari Moamer Kadhafi, yang pasukannya adalah “kokoh dilengkapi” dengan senjata Rusia.

Protes di Arab Saudi melihat polisi menembak dan melukai tiga demonstran Syiah di Provinsi Timur yang kaya minyak ketika mencoba untuk membubarkan protes yang menyerukan pembebasan tahanan.

Dolar naik menjadi 82,91 yen dari 82,70 yen pada Rabu.

Sterling merosot setelah Bank of England mempertahankan suku bunganya tidak berubah.

Pound merosot ke 1,6054 dolar dari 1,6198 dolar pada akhir Rabu.

Dolar berada pada 0,9317 franc Swiss (0,9295).

http://antaranews.com/berita/249466/dolar-dapat-dorongan-dari-kegelisahan-global

Sumber : ANTARANEWS.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s