bnii bermonopoli bancassurance … 110311

Perkuat Bisnis Bancassurance, Prudential & BII Jalin Kerja Sama
Jum’at, 11 Maret 2011 , 01:21:00 WIB

RMOL. PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) dan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengumumkan kerja sama eks­lusif dalam bisnis bancassurance.

Direktur Utama BII Ridha Wi­rakusuma berharap kerja sama ini dapat menyediakan rangkaian pro­duk proteksi yang lengkap bagi para nasabah BII. Sehingga ke depannya akan meningkatkan pula pertumbuhan bisnis bancas­surance kedua belah pihak.

“Kerja sama ini terbentuk kare­na Prudential Indonesia dan BII melihat adanya ruang pertumbu­han yang menjanjikan di pasar bancassurance di Indonesia,” ka­ta Ridha dalam acara pe­ngumu­man kerja sama BII dan Pruden­tial di Jakarta, kemarin.

Dengan kerja sama ekslusif tersebut, maka BII tidak akan la­gi melanjutkan kerja sama me­reka dengan perusahaan asuransi se­be­lumnya, yaitu Sinar mas dan AIA. “Nantinya akan full (kerja sama) dengan pru­dential,” tutur Ridha.

Berdasarkan catatan Aso­siasi Asuransi Jiwa Indonesia (AA­JI) per 31 Desember 2010, jalur dis­tribusi bancassurance di Indo­nesia memberikan kontribusi se­besar 28 persen terhadap kese­luruhan perolehan premi bisnis asu­ransi Jiwa di Indonesia.

Menurut Presi­dent Director Prudential Indone­sia William Kuan, bancassurance telah mem­berikan kontribusi sekitar 13 persen dari keseluruhan per­olehan premi Prudential Indone­sia pada 2010.

Kuan mengungkapkan, po­tensi penjualan produk asuran­si, khu­susnya unit linked (asu­ran­si ter­kait investasi) melalui per­bankan juga masih besar. Hal ini teref­leksikan dari jumlah dana ma­syarakat di perbankan yang terus meningkat.

Data Bank Indonesia (BI) per Desember 2010 menyebutkan, jumlah dana pihak ketiga (DPK) di industri perbankan Indonesia sampai akhir 2010 mencapai RP 2.338,82 triliun. Jumlah tersebut meningkat sekitar 19,89 persen dibandingkan DPK perbankan tahun 2009 sebesar Rp 1.950,71 triliun.

Kuan berharap kerja sama ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi nasabah BII, di mana mereka dapat mempero­leh akses dan kenyamanan laya­nan terhadap sejumlah portofolio produk unit link (asuransi terkait in­vestasi) dan ragam produk per­lindungan lainnya dari Prudential.

“Melalui jaringan luas cabang BII yang berjumlah 329 kantor cabang di seluruh Indonesia, Pru­dential berharap dapat men­jang­kau masyarakat Indonesia secara lebih luas,” ujarnya.

Bagi Prudential, kerja sama de­ng­an BII akan memperluas jang­kauan kepada masyarakat dalam mensosialisasikan produk-pro­duk­nya. Pentingnya perlindu­ngan asuransi serta meningkatkan jari­ngan bancassurance-nya di Indo­nesia secara signifikan. [RM]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s