kredit HARUS ditarik, donk, bbri … 280211

Laporan keuangan sejumlah bank menunjukkan adanya peningkatan kinerja yang sangat signifikan di 2010. Namun, di balik itu, lembaga-lembaga keuangan itu juga ternyata memendam ‘kredit bodong’ cukup besar.

Meningkatnya kinerja perbankan bisa ditengok dari perolehan laba yang telah diumumkan melalui laporan keuangan 2010. Di situ terlihat laba perbakan (terutama yang selama ini menjadi pemimpin pasar) mengalami kenaikan cukup besar. Keuntungan Bank Rakyat Indonesia misalnya, naik 23,52% menjadi Rp9,03 triliun.

Sementara posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA) yang masing-masing mengantungi laba bersih Rp8,85 triliun dan Rp8,37 triliun.

Namun, ya itu tadi, penampilan yang kinclong tersebut terbukti tidak mulus benar. Data Bank Indonesia menunjukan bahwa perbankan nasional masih memendam undisbursed loan alias kredit yang belum ditarik sebesar Rp561 triliun.

Dalam kaitan ini, otoritas moneter masih memberikan semacam ‘pembelaan’ dengan menyebutkan bahwa undisbursed loan sebesar itu tak semuanya berupa kredit mubazir. Sebab dari jumlah tersebut, Rp196 triliun, merupakan pinjaman yang sudah pasti ditarik (committed loan).

Sumber : INILAH.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s