inflasi MUSUH UTAMA, bersama bisA lah: 180211

Inflasi Indonesia Kedua Tertinggi di ASEAN

Oleh: Mosi Retnani Fajarwati
Ekonomi – Kamis, 17 Februari 2011 | 19:15 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Indonesia menduduki posisi kedua tertinggi untuk inflasi year on year hingga Januari 2011 di antara negara-negara ASEAN.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro di kantor Kemenkeu, Kamis (17/2). “Inflasi kita masih kedua tertinggi di ASEAN,” ujarnya.

Berdasar data yang dipaparkannya, inflasi year on year secara berurutan untuk negara ASEAN 5 adalah Vietnam 11,75%, Indonesia 7,02%, Singapura 4,59%, Philipina 3,54%, Thailand 3,03%, dan Malaysia 2,21%.

Bambang mengakui, menekan laju inflasi adalah langkah yang cukup berat. Pasalnya, harga komoditas dunia masih meroket dan hal tersebut di luar kendali pemerintah. “Ini adalah PR (pekerjaan rumah), harus perbaiki tingkat inflasi untuk mencapai di bawah 5 persen. Tentu berat dalam kondisi sekarang, karena kenaikan harga komoditas global,” ujarnya.

Inflasi tersebut, lanjutnya, masih disumbang oleh konsumsi yaitu sektor komunikasi dan transportasi serta kenaikan harga pangan yaitu cabai dan beras. “Inflasi Januari 0,89 persen dan 7,02 persen (yoy). Ini menjadi warning, karena inflasi tahunan ini tertinggi sejak Mei 2009. Utamanya dari volatile, yang mencapai 18,25 persen, administered price 5,21 persen, core 4,18 persen. Tapi harus waspada, bukan hanya volatile, core dan administered juga harus diperhatikan,” paparnya.

Untuk menekan laju inflasi ini, pemerintah akan fokus pada pengendalian harga dan volume bahan pangan serta peningkatan investasi di sektor riil. [cms]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s