rupIah di bawah 9K … 050211

BI Rate Antarkan Rupiah ke Level 8.988

Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Jumat, 4 Februari 2011 | 17:20 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Jumat (4/2) ditutup menguat 25 poin (0,27%) jadi 8.988/8.998 per dolar AS dari posisi sebelumnya 9.013/9.023.

Albertus Christian K, periset dan analis senior PT Monex Investindo Futures mengatakan, penguatan rupiah hari ini dipicu oleh Rapat Dewan Gubernur BI hari ini yang menaikkan BI rate 25 basis poin (0,25%) jadi 6,75%. Hal itu, seiring tingginya inflasi Janauri hingga 7,02% (year on year).

Menurutnya, faktor internal mendominasi sentimen market hari ini. Sebab sebelumnya, peluang kenaikan BI rate masih 50:50 antara BI rate dipertahankan di level 6,5% dan optimis dinaikkan 25 basis poin. “Karena itu, rupiah hari ini ditutup di level terkuatnya 8.988 dan 9.030 sebagai level terlemahnya,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (4/4).

Albertus menegaskan, kenaikan BI rate di luar ekspektasi sebagian pelaku pasar sehingga berdampak cukup kuat pada rupiah untuk jangka pendek. “Dari sisi makro ekonomi, kenaikan BI rate diyakini bisa menekan laju inflasi. Tapi, kenaikan sekali BI rate belum cukup,” paparnya.

Pasar ke depannya, lanjut Albertus, masih akan melihat apakah BI akan terus menaikkan suku bunga acuan secara bertahap di setiap bulan. Sehingga, angka inflasi bisa berada di bawah kendali.

Sementara itu, dari eksternal pasar terpengaruh oleh pidato Gubernur The Fed Ben Bernanke, bahwa kebijakan moneter AS masih pro terhadap pertumbuhan. Sebab, pengangguran masih akan berada di level cukup tinggi dalam beberapa tahun mendatang. “Hal itu menopang kebijakan suku bunga rendah sehingga bisa memicu arus hot money ke Asia termasuk juga ke tanah air,” paparnya.

Sementara itu, dolar AS menguat terhadap mayoritas mata uang utama termasuk terhadap mata uang gabungan negara-negara Eropa (euro). Hal ini dipicu oleh bentroknya demonstran anti dan pro pemerintah di Mesir. “Terhadap euro, dolar AS ditransaksikan menguat ke level US$1,3636 dari sebelumnya US$1,3803 per euro,” imbuh Albertus. [hid]
Sabtu, 05/02/2011 13:01 WIB
BI Rate Berpotensi Naik Lagi 25 Bps
Angga Aliya – detikFinance

Foto: Angga/detikFinance
Jakarta – Suku bunga acuan alias Bank Indonesia (BI) rate masih berpotensi naik lagi sebanyak 25 basis poin (bps) ke 7% tahun ini. Hal ini sejalan dengan ramalan inflasi yang masih bisa meninggi di pertengahan tahun 2011.

“Kenaikan suku bunga acuan yang dilakukan BI bukanlah awal dari kenaikan secara agresif, tapi masih masuk akal tahun ini akan ada kenaikan BI rate sebanyak 50 bps,” kata Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan dalam laporan risetnya, Sabtu (5/2/2011).

Menurutnya, BI baru akan kembali menaikkan tingkat suku bunganya di sekitar bulan Mei atau Juni. Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan memasuki masa panen sehingga tingkat inflasi diperkirakan akan jauh lebih rendah.

BI akan menyimpan kenaikan BI rate 25 bps untuk dikeluarkan di saat yang tepat, sekitar bulan Mei atau Juni nanti,” imbuhnya.

Kemarin, BI sudah menaikkan tingkat suku bunga acuan sebanyak 25 bps ke level 6.75%. Alasannya, untuk menjaga tingkat inflasi, seperti ditunjukkan survei konsumen dan produsen BI serta bergejolaknya imbal hasil surat utang.

“Langkah yang dilakukan BI kemarin bisa mengembalikan kredibilitasnya serta memberikan sinyal positif terhadap pasar surat utang dan pasar uang,” ujarnya.

Ia mengatakan, meski BI rate naik, hal tersebut tidak akan bisa menurunkan harga cabai dan beras yang selama ini menjadi penyumbang inflasi. Dengan demikian, kenaikan ini hanya dilakukan untuk mencegah arus modal keluar serta menahan jatuhnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

(ang/ang)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s