bbri @8,3 T, bo :) … 290111

Laba BRI Tembus Rp 8,3 Triliun
Oleh Indah Handayani | Kamis, 27 Januari 2011 | 13:38
investor daily
JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memproyeksikan laba bersih perseroan mencapai Rp 8,3 triliun pada 2010. Nilai tersebut meningkat 15% dibandingkan dengan laba 2009 yang mencapai Rp 7,3 triliun.

Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan, pencapaian laba tersebut telah sesuai dengan target yang ditetapkan pada awal 2010. Ia mengatakan, pencapaian tersebut didapatkan murni dari pendapatan operasional selama satu tahun.

Sofyan tidak memungkiri apabila perolehan laba BRI tahun ini lebih kecil dibandingkan Bank Mandiri. Mengingat, beberapa waktu lalu Menteri BUMN Mustafa Abubakar menyatakan laba Bank Mandiri yang unaudited telah menembus Rp 8,5 triliun pada 2010.

Dengan demikian, untuk pertama kalinya BRI hanya berada di urutan nomor dua setelah dalam kurun lima tahun terakhir selalu menduduki posisi puncak dalam perolehan laba perbankan di Indonesia.

“Bank Mandiri tahun ini mendapat banyak untung. Sedangkan, BRI hanya berasal dari pendapatan operasional, bukan dari non operasional,” ungkap Sofyan di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Rabu (26/1).

Sedangkan untuk 2011, Sofyan menargetkan laba BRI akan meningkat 15% dibandingkan tahun lalu. Sofyan menambahkan, untuk pembiayaan kredit pihaknya menargetkan untuk bisa tumbuh sebesar 20% dibandingkan 2011. Hingga saat ini, komitmen kredit BRI yang belum tersalurkan hampir mencapai Rp 40 triliun.

Sofyan menambahkan, saat ini ATM yang dimiliki BRI telah mencapai lebih dari 6.000 buah yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia menegaskan jumlah tersebut sudah hampir menyamai jumlah ATM yang dimiliki oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

“Namun, mesin ATM kami lebih banyak di daerah pedalaman,” jelas dia sembari mengatakan pihaknya masih belum berencana untuk menambah modal di Bank Agro.

Pada kesempatan yang sama, BRI melakukan penandatanganan kerja sama dengan Angkasa Pura II untuk layanan transaksi pembayaran Passanger Service Charge (PSC) melalui produk e-money, yaitu Brizzi. Sofyan mengatakan, produk tersebut dapat membuat transaksi menjadi lebih cepat, nyaman, dan aman.

“Diharapkan, melalui Brizzi dapat memberikan kemudahan dalam hal pembayaran PSC tanpa menggunakan uang tunai. Sedangkan dari sisi bandara, tidak lagi disusahkan dengan harus menyiapkan uang kembalian atas transaksi PSC secara tunai,” tambah Sofyan.

Lebih lanjut ia menambahkan, fungsi kartu ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran belanja produk di beberapa tenant. “Karena kartu ini merupakan kartu isi ulang. Kami menargetkan pada 2011 ini ada 500 ribu pengguna Brizzi e-airport card,” tandas Sofyan.

Sebelumnya diberitakan, BRI hingga saat ini telah berkomitmen untuk memberikan kredit senilai total Rp 52-55 triliun ke badan-badan usaha milik negara (BUMN). Dana kredit tersebut umumnya digunakan untuk modal kerja dan investasi.

Plafon kredit untuk BUMN sampai saat ini sudah sebesar Rp 52-55 triliun dan diberikan untuk hampir semua BUMN yang mencapai lebih dari 100 perusahaan,” kata Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Asmawi Syam, di Jakarta awal bulan ini.

Dari total komitmen itu, nilai kredit yang telah dicairkan BRI mencapai Rp 29 triliun. Pencairan yang terbilang masih setengah dari total plafon tersebut dikarenakan sebagian besar kredit yang diberikan untuk tujuan investasi. Pencairan kredit investasi biasanya mengikuti perkembangan proyek yang didanai.

“Kredit yang disalurkan itu untuk jalan tol maupun pembangkit listrik (power plant). Kredit investasi yang penarikannya nanti bertahap itu, semua lancar,” ujar dia. Asmawi menambahkan, setiap pemberian kredit selalau didahului dengan analisis kelayakan usaha proyek.

Ia menjelaskan, penyaluran kredit tersebut ditujukan hampir ke semua BUMN baik yang besar maupun kecil. Beberapa perusahaan BUMN yang telah mendapatkan komitmen kredit dari BRI di antaranya PT Pertamina, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Perkebunan Nusantara (PTPN), dan PT Bulog.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s