Rupiah, itu, mah antenK bo … 080111

Rupiah Melemah Dekati Level 9 Ribu
Kamis, 06 Januari 2011 | 18:22 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Jatuhnya harga saham di bursa domestik dan terdepresiasinya mata uang Asia membuat rupiah melemah mendekati level 9 ribu per dolar Amerika Serikat (AS).

Di pasar uang antar bank di Jakarta, Kamis (6/1) nilai tukar rupiah kembali melemah 15 poin (0,17 persen) ke level 8.998 dari posisi kemarin di 8.983 per dolar AS.

Praktisi pasar uang dari Bank Saudara, Rully Nova mengungkapkan pelemahan rupiah kali ini didorong oleh faktor domestik. Meskipun BI rate tetap dipertahankan di level 6,5 persen dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia Rabu (5/1) kemarin para pelaku pasar tetap merasa khawatir akan tingginya inflasi yang masih berpotensi menguat ke depan. “Ini salah satu penyebab rupiah melemah hari ini,” kata Rully.

Ancaman tingginya inflasi tahun ini seiring harga kebutuhan pokok yang masih bergerak naik karena buruknya cuaca membuat para pelaku pasar melepas rupiah dan lebih nyaman memegang dolar. Penyerapan anggaran 2010 yang diperkirakan lebih rendah dari tahun sebelumnya juga akan sedikit membebani pergerakan rupiah.

Di sisi lain dolar juga mulai terapresiasi terhadap mata uang rival utamanya dan mata uang kawasan seiring membaiknya data ekonomi AS yang dirilis Rabu kemarin. Tumbuhnya tenaga kerja sektor swasta yang melebihi ekspektasi para analis dan meningkatnya optimisme pemulihan ekonomi membuat dolar AS cenderung menguat terhadap mata uang global.

Diakhir pekan kemarin nilai tukar rupiah akan ditransaksikan dalam kisaran antara 8.950 hingga 9.020 per dolar AS.

Sore ini mata uang dolar Singapura juga melemah 0,2 persen, peso Philipina melemah 0,15 persen, yaun Cina melemah 0,09 persen, dan dolar Taiwan juga terdepresiasi 0,7 persen.

VIVA B. KUSNANDAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s