kredit mba (MAKIN BERAT AJA) … 291210

Rabu, 29/12/2010 07:25 WIB
Suku Bunga Bank Swasta Naik Paling Tinggi
Herdaru Purnomo – detikFinance

Jakarta – Suku bunga kredit perbankan mengalami kenaikan pada pekan keempat Desember 2010. Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) rupiah naik 4 bps karena disebabkan naiknya suku bunga pada 3 kelompok bank yakni bank Swasta, bank BPD dan Kantor Cabang Bank Asing (KCBA). Kenaikan tertinggi terjadi pada kelompok bank Swasta yang mencapai 6 bps.

Demikian hasil Operasi Pasar Terbuka (OPT) Bank Indonesia di pekan ke-empat yang disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI Difi Ahmad Johansyah di Jakarta, Selasa (28/12/2010).

“SBDK rupiah naik 4 bps disebabkan naiknya suku bunga pada 3 kelompok bank yaitu Swasta, BPD dan KCBA, tertinggi pada kelompok bank Swasta sebesar 6 bps. Sedangkan kelompok bank Persero dan Campuran tidak mengubah suku bunganya,” jelas Difi.

Sementara itu, Difi juga memaparkan rata-rata suku bunga deposito rupiah 1 bulan justru mengalami penurunan sebesar 2 bps. Hal ini disebabkan turunnya suku bunga pada 3 kelompok bank yakni BPD, KCBA dan Campuran.

“Dimana yang tertinggi pada terjadi pada kelompok BPD yang sebesar 4 bps. Sebaliknya suku bunga kelompok bank Swasta naik 1 bps dan kelompok bank Persero tidak mengubah suku bunganya,” terangnya.

Dari paparan tersebut, lanjut Difi, spread atau selisih antara suku bunga kredit dan suku bunga deposito melebar melebar 6 bps menjadi 5,50%.

Pada instrumen valas 2 kelompok bank tidak mengubah suku bunganya yakni bank persero dan KCBA. Sementara itu, pergerakan suku bunga yang cukup besar terjadi pada SBDK valas oleh 3 kelompok bank yakni swasta, BPD dan bank Campuran.

“Dimana terus menurunkan suku bunganya pada kisaran 7- 9 bps,” imbuhnya.

(dru/qom)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s