utang DIBELI kembali … 261210

Besok, Pemerintah Kembali Akan Lakukan Debt Switch
Minggu, 26 Desember 2010 – 13:40 wib
Andina Meryani – Okezone

JAKARTA – Jelang akhir tahun, pemerintah gencar melakukan pembelian kembali (buyback) Surat Utang Negara (SUN).

Senin (27/12/2010) besok, pemerintah rencananya akan kembali melakukan lelang pembelian kembali SUN dengan cara penukaran (debt switch) mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

“Pada prinsipnya, semua pemegang seri-seri SUN yang ditawarkan di bawah ini dapat ikut serta dalam lelang tersebut, namun dalam pelaksanaannya harus dilakukan melalui Dealer Utama yang telah ditunjuk oleh Pemerintah,” ungkap Dirjen Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto sebagaimana dikutip dari situs resmi Ditjen Pengelolaan Utang, Minggu (26/12/2010).

Saat ini telah terdaftar 18 Dealer Utama, yang terdiri atas empat belas bank dan empat perusahaan sekuritas. Peserta Lelang tersebut adalah Citibank NA, Deutsche Bank, HSBC, Bank BCA, Bank Danamon Indonesia, Bank BII, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Panin, Bank BRI, Bank Permata, Standard Chartered Bank, JPMorgan Chase Bank NA, Bahana Securities, Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Trimegah Securities.

Harga penawaran dinyatakan dalam harga bersih (clean price) dengan satuan harga dalam bentuk persentase sampai dengan dua desimal dan kelipatan 0,05 persen. Volume penawaran minimum adalah Rp1 miliar atau seribu unit, dengan kelipatan Rp1 miliar rupiah atau seribu unit.

Seri-seri Surat Utang Negara yang dapat ditawarkan oleh pemegang Obligasi Negara (source bond) adalah seri-seri Obligasi Negara yang jatuh tempo pada periode tahun 2011-2018. Adapun Obligasi Negara penukar (destination bond) yang ditawarkan Pemerintah adalah seri FR0053 yang jatuh tempo pada tanggal 15 Juli 2021 dengan tingkat kupon sebesar 8,25 persen.

“Harga penawaran seri FR0053 ini adalah sebesar 102,15 persen. Bunga berjalan per unit Obligasi Negara seri FR0053 pada saat setelmen tanggal 30 Desember 2010 sebesar Rp37,663.00,” jelasnya.

Pengumuman hasil pelaksanaan lelang, akan disampaikan oleh Pemerintah pada tanggal 27 Desember 2010 dan Setelmen akan dilaksanakan melalui sistem BI-SSSS (Bank Indonesia – Scripless Securities Settlement System) pada tanggal 30 Desember 2010 dan hanya dilakukan dengan Peserta Lelang. (adn)(rhs)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s