ikut-ikutan CHINA … 221210

BI: Kita Prioritaskan Pengendalian Likuiditas
Selasa, 21 Desember 2010 – 19:01 wib
Martin Bagya Kertiyasa – Okezone

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) berjanji akan lebih memprioritaskan pengendalian likuiditas dibandingkan dengan menaikkan suku bunga Bank Indonesia (BI rate).

“Opsi kenaikan BI Rate akan tetap dievaluasi, namun saat ini prioritas utama adalah mengendalikan likuiditas bukan mengendalikan kepada harga,” ungkap Deputi Gubernur Hartadi A Sarwono ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (21/12/2010).

Menurutnya jika menggunakan opsi menaikkan BI rate nantinya malah akan berdampak negatif. “Kalau harga BI Rate masih ada komplikasinya akan menambah likuiditas yang berasal dari luar, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam memilih opsi,” paparnya.

Sementara itu, untuk tingkat inflasi inti saat ini masih stabil tapi jika pengendalian tidak dilakukan maka akan terjadi tekanan. “Masih di bawah lima persen, empat koma sekian lah, namun kalau kita tidak melakukan pengendalian yang baik terhadap kelompok makanan dan yang lainnya bisa menjadi tekanan bagi inflasi juga,” ucapnya.

Karenanya dia memberikan sinyal kepada pasar untuk melakukan lebih bersikap hati-hati pada kebijakan moneter, misalnya BI tidak mau kondisi likuiditas di pasar berlebih yang justri dikhawatirkan malah memberikan tekanan tambahan pada inflasi.

Selain itu, terkait kebijakan pembatasan subsidi BBM, Hartadi mengatakan memang keputusan tersebut akan membawa pengaruh pada inflasi. Namun dia menilai kalau pembatasan BBM subsidi itu hanya sebuah on shock saja. “Nanti pasti akan menambahkan tekanan pada inflasi di tahun depan, tapi kalau administrated price enggak bisa di apa-apakan,” pungkasnya. (adn) (ade)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s