bbri GENDONk kreditur CILIK … 221210

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mencatat sejumlah 427.782 debitur berhasil pindah dari sebagai debitur kredit usaha rakyat (KUR) menjadi debitur kredit komersil dengan nilai outstanding sebesar Rp4,02 triliun per November 2010.

Banyaknya jumlah perpindahan nasabah itu tidak lepas dari membaiknya kondisi perekonomian dan perdagangan di berbagai daerah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BRI Sofyan Basir melalui siaran pers, Rabu (22/12). “Tidak sedikit dari debitur BRI yang kemudian layak mendapat jenis kredit berikut yakni kredit komersil,” ungkapnya.

Sofyan menjelaskan bahwa KUR ditujukan untuk pengusaha pemula yang belum layak mendapatkan kredit perbankan (bankable) namun memiliki usaha yang menguntungkan (profitable). Kredit tersebut diberikan atas jaminan dari pemerintah melalui PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo).

“Dengan model ini, banyak pengusaha yang kurang layak secara komersil dan belum bankable kemudian memperoleh kredit usaha dengan pinjaman tidak lebih dari Rp20 juta untuk KUR mikro dan tidak lebih dari Rp500 juta untuk KUR ritel,” jelasnya.

Ke depan BRI juga berupaya melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha yang merupakan debitur KUR. Hal tersebut dilakukan agar bisnis debitur KUR dapat berkembang.

Sumber : MEDIA INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s