Rupiah TER$3NYUM … 211210

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa (21/12) pagi, bertahan seperti hari sebelumnya tetap di kisaran 9.033-9.043 per dolar. Pelaku pasar khususnya asing masih belum aktif bermain di pasar.

Direktur PT CIMB Niaga Tbk Chaterina Hadiman di Jakarta, Selasa, mengatakan, rupiah masih belum bisa bergerak naik, meski ada isu positif bahwa ekonomi nasional pada 2011 diperkirakan akan dapat tumbuh 6,4 persen.

Mata uang Indonesia itu seharusnya dapat bergerak naik, namun penguatan dolar AS terhadap euro maka kenaikan rupiah agak tertahan. Dolar AS terhadap euro naik menjadi 1.3126 dari sebelumnya 1.3185 meski terhadap yen turun menjadi 83,78 dari 83,94.

Menurut dia, pelaku pasar masih hati-hati untuk membeli rupiah, setelah lembaga keuangan internasional Moody’s menurunkan tingkat utang Irlandia. Penurunan tingkat utang Irlandia menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di negara itu cenderung tak menentu. Karena itu, isu positif dari dalam negeri yang seharusnya dapat mendorong rupiah menguat sampai saat ini belum dapat mendorongnya

Sumber : MEDIA INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s