Rupiah bikin senyum eksportir … 211210

Investor Wait and See, Rupiah Cenderung Melemah
Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Selasa, 21 Desember 2010 | 06:00 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Selasa (21/12) diprediksi melemah. Faktor repatriasi dan penantian atas beberapa data yang akan dirilis menjadi pemicunya.

Zulfirman Basir, periset dan analis senior PT Monex Investindo Futures mengatakan, potensi variatifnya rupiah dengan kecenderunga melemah hari ini, salah satunya dipicu oleh pasar yang masih melihat faktor eksternal lebih lanjut terutama krisis utang di zona euro dan perkembangan di semenanjung Korea.

Namun di sisi lain, Bank Indonesia akan menjaga mata uang RI ini agar tidak melemah terlalu jauh. Karena itu, sepanjang perdagangan rupiah bergerak variatif cenderung melemah. “Rupiah akan bergerak dalam kisaran 9.020-9.080 per dolar AS,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (20/12).

Di sisi lain, transaksi jelang akhir tahun, secara historis selalu tipis sehingga potensi pelemahan rupiah pun jadi terbatas hari ini. Potensi pelemahan mata uang garuda ini juga seiring repatriasi yang memicu keluarnya dana dari pasar domestik oleh Multinational Companies (MNC) dan investor asing.

“Repatriasi di akhir tahun dan akhir kuartal biasanya terjadi dalam jumlah besar,” ujarnya.

Pada saat yang sama, pasar juga akan memperhatikan pertemuan bulanan Bank of Japan (BoJ) hari ini. Pasar ingin memastikan bagaimana sikap BoJ melihat situasi yen Jepang yang terus menguat. “Juga, bagaimana program pembelian asetnya dari rencana stimulus 5 triliun yen,” ucapnya.

Sementara itu, dari Inggris pasar juga mencermati seberapa banyak beban utang Inggris yang semakin membengkak. “Dari dalam negeri, investor Indonesia juga masih asyik dengan bola Timnas untuk melawan Malaysia di babak Final. Itu cukup mengalihkan perhatian investor,” selorohnya.

Kurs US rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Senin (20/12) ditutup melemah 6 poin (0,06%) jadi 9.038/9.048 per dolar AS. [hid]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s