Rupiah di atas defisit BI … 131210

Setiap menyedot setiap dolar dari pasar, Bank Indonesia mengalami kerugian sebesar 4-5 persen dan menyebabkan neraca BI defisit.

Hal ini disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah dalam acara workshop di Bandung, akhir pekan lalu. “Namun sepanjang hal itu tidak dijadikan sebagai komoditas politik, pasar tidak akan khawatir,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, jika kondisi itu dijadikan komoditas politik ekspektasi keuangan Indonesia akan menjadi lebih buruk. “Tapi sepanjang stabilitas moneter masih terjaga, hal ini tidak akan terjadi,” tegasnya.

Sebelumnya BI memprediksikan akan mengalami defisit sebesar Rp30,6 triliun di 2010.

Hal ini disampaikan Harti Haryani, Direktur Direktorat Intern BI dalam acara workshop di Bandung, Selasa (30/11). Namun, menurutnya, defisit sebesar itu, BI masih memiliki modal di atas Rp3 triliun atau mendekati ketentuan minimal sebesar Rp2 triliun.

Dia menjelaskan besarnya defisit tersebut disebabkan besarnya pengeluaran anggaran kebijakan yang sebagian besar disumbangkan dari biaya operasional pasar (OPT). Per September 2010, biaya OPT ini mencapai Rp17,3 triliun dan diprediksikan mencapai Rp24,8 triliun hingga akhir tahun 2010. Sementara, penerimaan anggaran kebijakan ini mengalami defisit 10,83 triliun per September 2010.

Meskipun demikian, Filianingsih Hendarta, Kepala BIro Pengembangan dan Pengaturan Pengelolaan Moneter Direktorat Pengelolaan Moneter BI menyampaikan tidak masalah karena memang digunakan untuk menstabilkan likuiditas di pasar. “Tidak apa-apa, karena itu digunakan untuk menstabilkan perekonomian nasional,” ujarnya.

Sumber : INILAH.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s