bbri @agro: go aheaD, please … 131210

KPPU: Tak Ada Monopoli dalam Akuisisi Bank Agro oleh BRI
Senin, 13 Desember 2010 – 15:50 wib
Andina Meryani – Okezone

JAKARTA – Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menilai proses akuisisi PT Bank Agroniaga Tbk oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tidak terdapat dugaan praktik monopoli atau persaiangan usaha tidak sehat.

KPPU telah selesai melaksanakan Penilaian Awal terhadap konsultasi BRI atas rencana akuisisi Bank Agro. Konsultasi diterima KPPU pada tanggal 13 Oktober 2010 dan dokumen konsultasi dinyatakan lengkap pada tanggal 22 Oktober 2010 yang berarti dimulai pula proses Penilaian Awal (maksimal 30 hari kerja).

“Berdasarkan hasil Penilaian Awal tersebut, pada tanggal 3 Desember 2010 Komisi mengeluarkan pendapatnya bahwa tidak ada dugaan praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat yang diakibatkan oleh rencana pengambilalihan saham PT Bank Agroniaga, Tbk oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,” ujar Plh Kepala Biro Humas dan Hukum KPPU Zaki Zein Badroen dalam keterangan tertulis yang diterima okezone, di Jakarta, Senin (13/12/2010).

Berdasarkan hasil penghitungan konsentrasi menggunakan HHI, semua konsentrasi pasar dibawah 1800. Sesuai dengan Pekom No. 13/2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Tentang Penggabungan atau Peleburan Badan Usaha dan Pengambilalihan Saham Perusahaan yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dimana indeks konsentrasi pasar atau HHI < 1800 yang artinya tidak terdapat kekhawatiran adanya Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Sebelumnya KPPU pernah menjelaskan bahwa merger dan akusisi yang memenuhi threshold, harus dilaporkan ke KPPU sesuai yang diatur dalam PP Nomor 57 Tahun 2010. Apabila memang berpotensi mengakibatkan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, KPPU berwenang untuk membatalkan merger tersebut.(adn)
(rhs)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s