bnii DISURUH jual … 061210

Bapepam-LK Peringatkan Maybank
Senin, 6 Desember 2010 – 07:48 wib

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) meminta Malayan Banking (Maybank) selaku pemegang saham pengendali PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) untuk mulai melakukan pelepasan saham kembali (refloat).

Kewajiban tersebut sesuai dengan Peraturan Bapepam- LK No IX H 1 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka.Pemegang saham wajib melepas kembali saham yang dibelinya tersebut ke publik sebesar 20 persen atau lebih dari 300 pihak.

“Sekarang sudah harus mulai. Saya sudah meminta kemarin supaya memulai melakukan penjualan. Batas waktunya hingga enam bulan ke depan,” ujar Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany di Jakarta kemarin.

Fuad mengatakan, Maybank semestinya melakukan divestasi saham BII pada 30 November 2010. Itu seiring dengan masa akuisisi yang dilakukan Maybank terhadap BII pada 2008. Namun, otoritas pasar modal tidak bisa memaksakan aturan tersebut harus dilakukan sekaligus. Pelepasan saham akan dilakukan berkala.

“Tidak mungkin sekaligus dalam jumlah besar karena itu bisa membuat sahamnya jatuh. Makanya kami kasih waktu. Sejauh ini kelonggaran sudah kami berikan. Ini dua tahun tambah enam bulan apa enggak special treatment,” kata Fuad. (juni triyanto)(adn)(Koran SI/Koran SI/rhs)

Maybank dapat keringanan dari Bapepam-LK
Oleh Ratna Arianti | 05 December 2010
bisnis

JAKARTA: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) memberikan perpanjangan waktu selama 6 bulan kepada Malayan Banking Berhard (Maybank) untuk melepas kembali minimal 20% saham ke publik.

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Malaysia, Maybank menyebutkan pihaknya telah menerima surat tertanggal 30 November dari Bapepam-LK pada 2 Desember lalu.

“Bapepam telah memberikan perpanjangan kepada Maybank untuk memenuhi peraturan pengambilalihan dan menyelesaikannya pada 1 Juni 2011,” papar Maybank pada Jumat pekan lalu.

Maybank kemungkinan akan meminta perpanjangan waktu kembali jika pelepasan kembali saham tersebut mengakibatkan kerugian lebih dari 10%.

Pengajuan perpanjangan waktu akan disampaikan kepada otoritas pasar modal dua pekan sebelum 1 Juni 2011.

Bapepam-LK memiliki kewenangan untuk memperpanjang waktu pelepasan kembali 20% saham kepada publik seperti yang termuat dalam peraturan Bapepam-LK Nomor IX.H.1 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka.

Regulasi tersebut menyebutkan perpanjangan waktu hanya diberikan jika terjadi tiga kondisi, yaitu bursa efek di mana saham perusahaan terbuka dicatat dan diperdagangkan ditutup, perdagangan saham perusahaan terbuka tersebut dihentikan, dan keadaan darurat. (ln)

Maybank Diharapkan Jual Saham ke Publik
Headline
Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany. – inilah.com/Wirasatria
Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Minggu, 5 Desember 2010 | 13:34 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) telah mengirim surat kepada Malayan Bank (Maybank) untuk kembali menjual saham PT Bank International Indonesia Tbk (BNII) ke publik.

“Kita sudah kirim ke mereka pada 30 November. Mereka akan mulai laksanakan karena harganya sudah bagus,” ujar Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany.

Lebih lanjut ia mengatakan, Bapepam-LK memberikan waktu selama enam bulan untuk mulai menjual saham mulai dari sekarang. Proses penjualan saham dilakukan selama 6 bulan.

Fuad menuturkan, penjualan saham itu akan dilakukan pelan-pelan agar tidak menganggu harga di pasar. “Prosesnya enam bulan, dan tidak jual dalam bentuk besar karena nanti harganya jatuh jadi jual pelan-pelan. Kalau mereka lepas semua nanti anjlok pasar modal karena kebanyakan barang, jadi jual pelan-pelan agar pasar tetap likuid,” tegas Fuad.

Malayan Bank telah mengakuisisi 97% saham BII pada 2008. Malayan Bank membayar tender offer saham publik BII pada 19 November 2008. Setelah penawaran tender offer tersebut, saham publik BII yang tersisa hanya 3%. [hid]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s