Rupiah GA USA dijagain … 011210

Jaga Rupiah, BI Defisit Rp30 Triliun
Rabu, 1 Desember 2010 – 07:42 wib
Rupiah. Foto: Ade/okezone

BANDUNG – Bank Indonesia (BI) memprediksi neraca keuangannya tahun ini akan mengalami defisit sebesar Rp30 triliun. Angka itu jauh di atas target tahun ini yang sebesar Rp22,3 triliun.

Direktur Keuangan Internal BI Harti Haryani mengatakan, membengkaknya defisit tersebut disebabkan besarnya anggaran kebijakan untuk operasi moneter yang dikeluarkan BI untuk menstabilisasi nilai tukar rupiah akibat derasnya arus dana asing yang masuk pada tahun ini.

”Sampai Oktober defisit anggaran BI sudah Rp26 triliun, perkiraannya sampai akhir tahun defisit sekira Rp30 triliun,” ujar Harti di Bandung kemarin.

Harti memaparkan, pengeluaran anggaran kebijakan BI guna melakukan operasi moneter hingga Oktober telah mencapai Rp24,8 triliun namun yang sangat memengaruhi besarnya defisit adalah penerimaan anggaran kebijakan yang minus Rp10,8 triliun sampai September dibanding target yang sebesar Rp2,12 triliun.

Menurut dia, defisit neraca BI tersebut berdampak pada permodalan BI yang turun dari Rp93,5 triliun pada 2009 menjadi Rp73,4 triliun pada Oktober lalu. ”Dengan defisit yang diperkirakan Rp30 triliun, maka modal BI sampai akhir tahun masih sekitar Rp39 triliun,” katanya.

Dalam UU Bank Indonesia, lanjut dia, ada pasal yang menyebutkan jika modal BI turun menjadi Rp2 triliun maka Pemerintah wajib memberikan tambahan modal kepada BI.

”Tetapi, saya kira masih jauh dari kemungkinan untuk direkap pemerintah. Saya yakin tahun depan masih di atas Rp2 triliun,” paparnya. Harti menjelaskan, defisit neraca juga banyak dialami bank sentral negara lain. (rakhmat baihaqi)(Koran SI/Koran SI/ade)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s