R(p)edenomina$1 di depan mata : 301110

Recana bank sentral untuk menyederhanakan mata uang terus bergulir. BI terus mematangkan gagasan ini. Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Rochadi bilang, hasil kajian tersebut paling telat berada di tangan presiden Desember ini.

BI berambisi, sosialisasi redenominasi ini berlangsung 2011-2012. Masa transisi redenominasi dimulai 2013 hingga 2015. Pada masa transisi, penyebutan rupiah akan disebut dengan nilai lama dan nilai baru. Namun, penerapan ini tak bisa dilakukan secara singkat. Agar keseluruhan proses redenominasi berjalan sesuai keinginan, BI membutuhkan waktu sekitar 10 tahun atau selesai tahun 2020.

Sumber : KOMPAS.COM

Senin, 29/11/2010 17:55:51 WIB bisnis
BI: tahun depan sosialisasi rencana redenominasi
Oleh: Dewi Mayestika
JAKARTA: Bank Indonesia (BI) mengaku optimistis rencana penyederhanaan nilai mata uang (redenominasi) dapat berlangsung tepat waktu. Sesuai rencana awal tahun depan BI akan mulai melakukan sosialisasi terkait rencana tersebut.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Rochadi mengatakan optimistis proses redenominasi akan berjalan sesuai dengan rencana awal. Meskipun hingga saat ini, pihaknya belum menyampaikan rencana redenominasi tersebut kepada Presiden.

“Kami yakin proses redenominasi bisa berjalan sesuai jadwal. Jadi di 2011 kita sudah dapat mempersiapkan untuk tahap sosialisasi,” ujarnya saat ditemui, hari ini.

Dia mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaporkan hasil kajian redenominasi kepada presiden. Budi menjelaskan BI telah menyiapkan dua opsi terkait rencana redenominasi yaitu penyederhanaan tiga digit atau empat digit dalam nilai mata uang saat ini.

Sesuai rencana sebelumnya, BI akan melakukan tahap sosialisasi pada 2011-2012 dilanjutkan dengan masa transisi selama dua tahun. BI mengharapkan redenominasi ini dapat tuntas pada 2021. Redenominasi dinilai penting untuk dilaksanakan untuk tujuan menyederhanakan pencatatan. Selain itu, secara psikologis redenominasi dapat meningkatkan bargaining position nilai tukar rupiah terhadap mata uang lainnya. (faa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s