PENGUMUMAN bunga kredit … LAh : 251110

Publikasi bunga dasar kredit Desember
Rabu, 24/11/2010 17:41:38 WIB
Oleh: Dewi Mayestika
JAKARTA: Bank Indonesia (BI) akan memberlakukan kebijakan publikasi bunga dasar kredit perbankan (prime lending rate) pada Desember tahun ini. Pemberlakuan ketentuan ini mundur dari rencana semula yang dijadwalkan pada November tahun ini.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Muliaman Hadad mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan proses finalisasi atas ketentuan tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya terus mengupayakan supaya ketentuan prime lending rate dapat berlaku tahun ini.

“Kami terus menyiapkan kebijakan ini dan kami berharap kebijakan prime lending rate dapat berlaku sebelum tutup tahun,” katanya saat ditemui seusai acara seminar Ekonomi Syariah, hari ini.

Melalui kebijakan prime lending rate, BI mengharapkan industri perbankan mampu meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong kredit produk perbankan yang lebih efektif dan efisien.

BI menilai kebijakan prime lending rate diperlukan sebagai bagian dari perlindungan nasabah. Dengan adanya kebijakan ini, perbankan wajib mempublikasikan referensi suku bunga kredit sehingga diharapkan dapat membentuk posisi yang sama antara bank dan nasabah.

Selain itu, kebijakan prime lending rate bertujuan untuk meningkatkan transparansi produk perbankan. Prime lending rate adalah bunga minimum yang ditetapkan oleh bank untuk nasabah utama (prime) berdasarkan formula tertentu dengan memperhitungkan biaya dana, biaya overhead, dan target pendapatan tapi tidak termasuk premi risiko.(htr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s