bbri dimeRAPIin (2) … 191110

Kerugian KUR BRI tercatat paling besar
Jumat, 19/11/2010 15:40:16 WIB
Oleh: Vega Aulia Pradipta bisnis
JAKARTA: Potensi kerugian perbankan dari penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang terkena dampak Gunung Merapi tercatat sebesar Rp60,062 miliar, di mana KUR dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk tercatat yang paling besar yakni Rp37,776 miliar.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah akan menanggung potensi kerugian tersebut sebesar 70% jika sudah memasuki kategori call 3-4. Saat ini Bank Indonesia sedang mengkaji peringkat dari potensi kerugian tersebut.

”Ini potential loss, loss-nya dicover oleh asuransi, tapi tentu kalau dia sudah masuk ke kategori kolektibilitas 4,” katanya dalam konferensi pers hari ini.

Hatta mengatakan pemerintah akan memberikan penjaminan terhadap risiko KUR sebesar 70% melalui Jamkrindo dan Askrindo sementara sisanya sebesar 30% ditanggung oleh bank pemberi kredit.

Ada pun rincian dari potensi kerugian tersebut yakni BRI sebesar Rp37,776 miliar, dimana dari debitur mikro sebesar Rp20,368 miliar dan debitur ritel Rp17,408 miliar. Sementara potensi kerugian PT Bank Bukopin Tbk sebesar Rp750 juta.

Selanjutnya PT Bank Syariah Mandiri sebesar Rp16,165 miliar, PT Bank Tabungan Negara Tbk sebesar Rp120 juta, PT Bank Negara Indonesia Tbk sebesar Rp2,996 miliar, PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp1,650 miliar dan BPD Yogyakarta sebesar Rp605 juta.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Erlangga Mantik mengatakan potensi kerugian tersebut belum final dan masih terus didata. Data tersebut berasal dari 44 debitur KUR yang tersebar di sekitar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

“Itu belum final, itu baru akan menjadi kredit bermasalah kalau sudah masuk kategori call 3-4. Kalau sudah call 4, tentu 70% akan ditanggung pemerintah,” katanya. (faa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s