bnii meraup LABA dari FEE … 301010

Fee Based Income BII Capai Rp1,52 Triliun
Headline
IST
Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Sabtu, 30 Oktober 2010 | 06:01 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Fee based income PT Bank Internasional Indonesia (BII) pada 30 September 2010 mencapai Rp1,52 triliun.

Hal itu, terutama didukung oleh peningkatan fee dari kartu kredit, trade finance, remittance dan fee jasa lainnya. BII telah melakukan ekspansi secara agresif dengan menambah 47 cabang dan jaringan ATM selama sembilan bulan pertama tahun 2010.

Namun demikian, BII tetap dapat mengelola biaya sehingga hanya naik 6% menjadi Rp2,59 triliun per 30 September 2010 dari Rp2,45 triliun pada tahun sebelumnya. Cost to income ratio membaik menjadi 63,9% pada September 2010 dari 66,7% pada September 2009.

Pendapatan operasional setelah provisi naik secara signifikan menjadi Rp612 miliar pada September 2010 dibandingkan rugi Rp197 miliar tahun sebelumnya. BII juga telah berhasil mengelola kualitas aset.

“Karena itu, meskipun kredit tumbuh secara signifikan, total penyisihan kerugian berkurang sebesar 40% menjadi Rp854 miliar pada September 2010 dari Rp1.421 miliar pada September 2009,” kata Ridha Wirakusumah, Presiden Direktur dan CEO BII, di Jakarta, Jumat (29/10).

Penurunan provisi ini terutama disebabkan oleh peningkatan kualitas aset bank yang terlihat dari kemampuan dalam mengelola non performing loan (NPL) bersih pada level di bawah 2%. Rasio kecukupan modal (CAR) dengan memperhitungkan risiko kredit, pasar dan operasional sebesar 13,16%, jauh di atas ketentuan minimum Bank Indonesia sebesar 8%.

Ridha memaparkan, pihaknya akan melanjutkan pertumbuhan secara agresif untuk mencapai aspirasi menjadi bank terbaik pada segmen pasar yang dilayani. Sinergi dengan Maybank akan menciptakan inisiatif bisnis baru untuk mempercepat momentum pertumbuhan.

Hal ini, lanjutnya, memberikan peluang dan kemudahan bagi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah serta meningkatkan pangsa pasar di industri perbankan. “Kami berencana untuk memperluas jaringan cabang dengan membuka lebih dari 200 cabang baru dalam tiga tahun mendatang,” ungkapnya. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s