rupiah NYAMANnnnnnnn … 261010

Bank Indonesia (BI) dinilai banyak kalangan terlalu melakukan intervensi terhadap penguatan rupiah. Untuk itu BI mengatakan bahwa langkahnya menahan laju penguatan rupiah untuk menjaga agar kurs rupiah itu tetap dalam batas-batas yang sesuai dengan fundamental ekonomi Indonesia.

“Yang penting sebenarnya bagi kita di indonesia adalah menjaga agar nilai tukar tetap dalam batas-batas fundamental ekonomi kita, jadi kalau ada orang mengatakan (intervensi yang dilakukan BI merupakan jenis) curency war (perang mata uang), kita tidak merasa terpengaruh,” ujar Gubernur BI Darmin Nasution kepada wartawan di sela acara Malam Peduli Konsumen Perbankan di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (25/10/2010) malam.

Dirinya melanjutkan, atau jika ada yang mengatakan negara-negara emerging market seperti Indonesia yang menahan penguatan mata uangnya supaya lebih kompetitif atau tetap kompetitif dalam ekspornya, yang dilakukan oleh BI selama ini adalah menjaga agar mata uang kita tetap masih sejalan fundamental ekonomi Indonesia.

“Yang kedua adalah menjaga mata uang Rupiah masih tetap kondusif terhadap pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi Indonesia,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, itulah sebabnya kalau diperhatikan memang apresiasi rupiah terjadi. “Tetapi kalau kita lihat dari akhir tahun lalu sampai sekarang (year to date), apresiasinya

Sumber : OKEZONE.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s