pantes eksportir maseh :) … 211010

Rupiah menguat, harga bahan baku murah
OLEH MARIA Y. BENYAMIN Bisnis Indonesia
JAKARTA:

Penguatan mata uang rupiah terhadap dolar dari segi impor dinilai menguntungkan industri karena harga bahan baku dan barang modal menjadi lebih murah.
Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar mengungkapkan kondisi ini seharusnya dimanfaatkan oleh para pengusaha sebagai peluang investasi dan untuk meningkatkan stok bahan baku bagi kepentingan industrinya.

Sementara itu, dari segi ekspor, penguatan rupiah itu menyebabkan komoditas ekspor Indonesia dalam dolar menjadi lebih mahal.

Menurut Mahendra, pemerintah akan mengawasi perkembangan nilai tukar rupiah agar pergolakannya tidak menimbulkan ketidakpastian. “Jadi ada plus minusnya. Ya, kita awasi terus agar jangan sampai perkembangan itu bergolaknya sangat cepat sehingga menimbulkan ketidakpastian,“ ujar Mahendra kepada wartawan, kemarin.

Selama ini, kata Mahendra, nilai tukar rupiah masih bergerak dalam batas yang bisa ditoleransi sebagai sesuatu yang terjadi akibat perkembangan pasar dan dapat diantisipasi dengan cara memanfaatkan pergerakan nilai tukar sebagai kesempatan untuk membeli mesin atau mengimpor bahan baku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s