rupiah mantenk … kok : 2010-2010

Market Jenuh, Rupiah Stagnan!
Rabu, 20 Oktober 2010 – 07:26 wib

Rheza Andhika Pamungkas – Okezone

JAKARTA – Pergerakan rupiah di perdagangan hari ini diperkirakan akan masih tertekan oleh situasi perekonomian global yang masih dilanda ketidakpastian.

Apalagi pasar di negara emerging market termasuk Indonesia sudah berada di titik jenuh sehingga pelaku pasar cenderung untuk berhati-hati di sektor valas.

“Secara teknikal menunjukkan masih akan ada tekanan terhadap pelemahan Rupiah. Namun begitu likuiditas yang ada di pasar Indonesia masih cukup likuid untuk mendukung penguatan Rupiah. Sehingga kecenderungan penguatan Rupiah masih ada,” ujar Analis Valas Bank Himpunan Saudara Tbk Rully Nova saat dihubungi okezone di Jakarta, Rabu (20/10/2010).

Akan tetapi, lanjutnya, pergerakan rupiah diperkirakan masih akan tipis atau boleh dikatakan cenderung stagnan. “Rupiah diperkirakan akan bergerak di support level Rp8.930 per USD dengan resistance level di Rp8.930 per USD,” tukasnya.

Dirinya menambahkan, saat ini posisi pasar yang masih dalam keadaan wait and see menunggu hasil akhir pertemuan G20 di Korea Selatan akhir pekan ini. “Tentunya pelaku pasar mengharapkan setelah pertemuan ini ada kebijakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi global,” jelasnya.

Rully memperkirakan ke depannya, pemerintah AS melalui Bank Sentral (Federal Reserve/The Fed) masih akan menahan suku bunga di level saat ini, 0,25 persen. The Fed akan menstimulus kembali pasar keuangan AS dengan membeli kembali obligasi pemerintah AS.

Selain itu, The Fed nampaknya akan meningkatkan tingkat suku bunga pinjaman bank (diskonto) untuk meinjeksi pasar keuangan. “Sedangkan untuk fiskal, nampaknya kebijakan yang diambil pemerintah AS belum akan banyak berubah, lebih banyak dikeluarkan di dana subsidi pemerintah seperti tunjangan pengangguran,” pungkasnya.(ade)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s