antara retorika dan realita… JAUH :( …2010-2010

“Kita Harus Rangkul Masyarakat Miskin untuk Nabung”
Senin, 27 September 2010 – 16:42 wib

Ade Hapsari Lestarini – Okezone

BALI – Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution menyadari bahwa pemerintah harus mulai merangkul masyarakat miskin untuk mulai menabung.

“Kita sadar kita harus mulai merangkul masyarakat untuk mulai menabung dan sebagainya. Kita percaya mereka akan lebih mudah melakukan transaksi dan ini bisa meningkatkan perekonomian Indonesia,” kata Darmin, saat konferensi pers, di The 2010 AFI Global Policy Forum, di Jimbaran, Bali, Senin (27/9/2010).

Program ini menjadi salah satu topik dalam forum yang dihadiri 50 negara-negara berkembang yang mengusung tema financial inclusion. Di mana tema ini mengenai cakupan di sektor keuangan agar bisa diakses dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya mereka yang miskin.

“Dalam forum ini, persoalannya menyangkut masalah tersebut, agar masyarakat miskin bisa diakses dan terjangkau bagi mereka. Makanya banyak masyarakat kita yang belum tersentuh oleh akses finansial ini,” tandasnya.

Maka dari itu, dalam forum AFI ini mengangkat isu tersebut untuk menciptakan momentum tersendiri agar masyarakat melek finansial, yakni selain di Indonesia juga di negara-negara berkembang. Juga dilihat dari upaya-upaya negara berkembang.

“Financial inclusion ini juga ada networking, dari apa yang sudah dibahas dan disepakati. Kenapa kita bersemangat, karena kita lihat ada banyak hal yang bisa mendukung apa yang kita punya sekaranag sehingga dinamikanya lebih tinggi lagi. Sehingga program kita dalam merangkul masyarakat miskin ke jasa perbankan lebih besar. Ini menjadi kesempatan kita,” tandasnya.

Ditambahkannya, ini bukan saja sebagai teknikal perbankan, tapi juga exclusion dari masyarakat miskin terhadap kegiatan perbankan karena mereka sering menganggap tidak layak masuk dalam menabung dan meminjam. “Padahal kalau sudah dikenal mereka bisa punya akses yang lebih luas,” pungkasnya.(adn)(rhs)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s