Rupiah gpp kok :) … 191010

Rupiah Tertekan Penguatan Dolar!
Selasa, 19 Oktober 2010 – 15:41 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Penguatan dolar Amerika Serikat (AS) tampak merata atas seluruh mata uang lainnya. Termasuk rupiah, juga tampak tertekan dengan penguatan dolar ini.

Rupiah, menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI) Selasa (19/10/2010) tidak bergerak alias tetap di Rp8.929 per USD, seperti akhir penutupan kemarin. Sementara menurut yahoofinance, rupiah ada di Rp8.927,5 per USD, dengan kisaran perdagangan Rp8.927-,58.932,5 per USD.

Sebelumnya, Pemerintah AS tampak mulai mengintervensi membuat nilai tukar dolar menguat. Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Timothy Geithner menegaskan tidak akan mendevaluasi nilai dolar AS untuk meningkatkan ekspor.

Dia beralasan tidak ada satu negara pun yang melemahkan nilai mata uangnya untuk menyehatkan perekonomiannya.untuk mendapatkan kesehatan ekonomi. “Hal ini tidak akan terjadi di negeri ini (AS),” pungkas Geithner seperti dikutip dari Reuters, ketika disinggung kemungkinan AS melakukan devaluasi dolarnya.

Di mana Geithner telah menghentikan tren pelemahan dolar menjelang pertemuan akhir pekan ini, di mana para pemimpin keuangan dari negara-negara kaya G20 bakal berkumpul di Korea Selatan. Pertemuan ini digelar di tengah meningkatnya ketegangan antara China-AS dalam perang mata uang.

“Sangat penting bagi masyarakat dunia untuk memahami bahwa Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia ini tidak akan melakukan devaluasi untuk menuju kemakmuran. Ini (devaluasi) bukanlah strategi, dan tidak pantas dipertimbangkan. Dan kami tidak akan melakukannya,” tegas dia.
(wdi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s