Rupiah, ga usah DITANYA … 131010

Rupiah Coba Merapat Ke 8.900
RABU, 13 OKTOBER 2010 | 17:30 WIB

TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO Interaktif, Jakarta – The Fed yang akan melakukan langkah lebih lanjut untuk mendorong pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) membuat dolar kembali terdepresiasi terhadap mata uang utama dunia.

Mata uang kawasan termasuk rupiah pun ikut menguat seiring naiknya bursa saham Asia hari ini. Alhasil, pada transaksi pasar uang antar bank rabu (13/10) nilai tukar rupiah berhasil menguat 15 poin (0,17 persen) menjadi 8.923 dari posisi kemarin di 8.938 per dolar AS.

Ekonom dari Bank BNI, Rosady T.A Montol mengemukakan, ekspektasi penguatan mata uang lokal yang masih sangat tinggi membuat rupiah kian mendekati level 8.900. “Ditambah lagi jebloknya dolar AS terhadap mata uang rival utamanya mendorong apresiasi mata uang lokal,” ujarnya.

Untuk saat ini yang dibutuhkan otoritas moneter semua negara adalah kestabilan nilai tukar sehingga tidak mengganggu perekonomian mereka disaat terjadi perang mata uang.

Perubahan nilai tukar suatu mata uang pada dasarnya karena faktor persedian dan permintaan. Contohnya dolar AS, The Fed yang akan menambah stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonominya dengan melanjutkan pembelian obligasi akan memicu likuiditas dolar AS dipasar semakin berlimpah. “Hal ini akan mendorong suku bunga akan semakin turun sehingga dolar AS semakin tidak menarik dimata para pelaku dan nilainya terus melemah ,” paparnya.

Ekspektasi dolar AS yang cenderung melemah dan terjadinya perang mata uang antar negara maju ini membuat potensi pelemahan rupiah untuk saat ini bisa dibilang sangat kecil. “Akan tetapi BI yang komitmen untuk mengawal mata uang lokal dipasar membuat penguatannya juga masih terbatas,” kata Rosady.

Rosady memprediksikan rupiah pada hari Rabu besok akan ditransaksikan dalam kisaran sempit antara 8.905 hingga 8.940 per dolar AS.

VIVA B. KUSNANDAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s