bbri ekspansi kartu kredit … 111010

BRI ramaikan bisnis kartu kredit korporat
OLEH HERY TRIANTO Bisnis Indonesia
NUSA DUA, Bali:

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk turut meramaikan bisnis kartu kredit bagi nasabah korporasi menyusul permintaan yang meningkat dan ceruk pasar yang masih terbuka lebar.
Direktur Konsumer BRI A. Toni Soetirto mengatakan kartu kredit khusus ini membidik pasar yang sangat spesifik yakni para nasabah korporasi.

“Jadi pola penjualannya juga tidak bisa secara ritel seperti pada umumnya kartu kredit, tetapi selektif kepada perusahaan tertentu,“ tuturnya, menjelang Peluncuran BRI Corporate Card di Nusa Dua, Bali akhir pekan lalu.

Menurut Toni kartu kredit korporat didesain khusus untuk memberikan keleluasaan perusahaan dalam mengontrol arus kas melalui monitoring setiap transaksi yang tercakup dalam biaya perjalanan dan entertainment secara lebih mudah. “Kami merasa pasar untuk kartu kredit jenis ini masih terbuka karena belum banyak pemainnya.“

Kehadiran BRI ini makin meramaikan pasar persaingan dalam memperebutkan pasar bisnis kartu kredit korporat yang masih relatif baru. Beberapa bank seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Negara Indo nesia Tbk, dan PT Bank Bukopin Tbk telah terlebih dahulu memiliki produk sejenis.

Kartu kredit korporat diinisiasi oleh perusahaan jaringan kartu Mastercard Worldwide. Kartu kredit jenis ini menyediakan berbagai jenis fitur termasuk pencantuman logo perusahaan, mengatur dan menentukan limit belanja, serta laporan tagihan kartu baik grup maupun individual.

Executive Vice President Mastercard Worldwide Ajay Bhalla yang hadir pada peluncuran berharap terciptanya kolaborasi dengan BRI untuk menciptakan program kartu kredit yang sejalan dengan kebutuhan nasabah korporasi. Pada kesempatan itu, Mastercard memberikan penghargaan kepada BRI sebagai penerbit kartu dengan pertumbuhan tercepat.

Toni menambahkan bisnis kartu kredit BRI yang dimulai sejak beberapa tahun lalu telah memiliki 400.000 pemegang kartu dengan outstanding pinjaman Rp2 triliun. Menurutnya, kartu kredit merupakan strategi untuk melengkapi kebutuhan nasabah dana memperbesar pendapatan berbasis komisi.

Strategi tersebut juga sejalan dengan desain besar bisnis konsumer BRI dengan menyasar pasar nasabah perkotaan. Selain sisi kredit, bisnis konsumer bank ini juga fokus pada penghimpunan dana melalui produk tabungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s